Sebutkan 6 macam nilai menurut Walter G. Everee dan 3 jenis nilai Menurut Prof.Dr. Notonegoro, S.H?

 on Rabu, 03 Februari 2016  

Berdasarkan proses terbentuknya, nilai dapat diklasifikasikan menjadi 6 macam.Macam-macam nilai menurut Walter G. Everee adalah sebagai berikut
  1.  Nilai-nilai ekonomis (Economic Values), yaitu nilai-nilai yang berhubungan dengan sistem ekonomi. Nilai-nilai ini ditunjukkan dengan harga pasar yang meliputi semua benda yang dapat dibeli.
  2.  Nilai-nilai rekreasi (Recreation Values), yang meliputi nilai-nilai keindahan alam dan permainan pada waktu senggang, sepanjang dapat memperkaya kehidupan dan kesegaran jasmani dan rohani.
  3. Nilai-nilai perserikatan (Association Values), yang meliputi berbagai bentuk perserikatan manusia dari persahabatan, kehidupan keluarga, kehidupan desa, bangsa sampai perserikatan tingkat internasional.
  4. Nilai-nilai kejasmanian (Bodily Values), yang meliputi hal-hal yang bersangkutan dengan pemeliharaan kesehatan, efisiensi, dan keindahan kehidupan jasmani.
  5. Nilai-nilai intelektual (Intelectual Values), yang meliputi nilai-nilai pengetahuan dan pencarian kebenaran
  6.  Nilai-nilai watak (Character Values), yang meliputi seluruh tantangan dan kesalehan pribadi dan sosial, termasuk keadilan, kesediaan menolong, kontrol diri, dan cinta kebenaran.
Menurut Prof.Dr. Notonegoro, S.H., nilai terbagi atas 3 jenis
  1.  Nilai material, merupakan segala yang bersumber dari materi (kebendaan), dan biasanya berguna bagi unsur jasmani manusia.
  2. Nilai vital, sesuatu yang bersumber dari sesuatu yang vital (memiliki daya atau tenaga), dan berguna untuk melakukan aktivitas. Nilai vital contohnya kesehatan. Kesehatan sangat vital dalam kehidupan manusia. Kalau orang sakit atau kesehatannya terganggu, ia tidak akan bisa melakukan aktivitasnya
  3.  Nilai rohaniah, segala sesuatu yang bersumber dari jiwa manusia dan berguna bagi kepentingan rohani manusia. Nilai rohaniah dapat dirinci lagi menjadi 4 macam, yaitu:
a) nilai kebenaran yang bersumber pada unsur rasio (pikiran),
b) nilai keindahan yang bersumber pada unsur rasa,
c) nilai moral yang bersumber pada unsur kehendak, dan
d) nilai religi yang bersumber pada keyakinan dan keimanan pada Tuhan
Sebutkan 6 macam nilai menurut Walter G. Everee dan 3 jenis nilai Menurut Prof.Dr. Notonegoro, S.H? 4.5 5 b Rabu, 03 Februari 2016 Berdasarkan proses terbentuknya, nilai dapat diklasifikasikan menjadi 6 macam.Macam-macam nilai menurut Walter G. Everee adalah sebagai beri...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.