Sebutkan 6 macam klasifikasi nilai berdasarkan proses terbentuknya?

 on Rabu, 03 Februari 2016  

Berdasarkan proses terbentuknya, nilai dapat diklasifikasikan menjadi 6 macam.
a. Nilai Teori
Kegiatan untuk mengetahui identitas benda serta kejadian yang ada di sekitarnya akan melahirkan nilai teori. Teori ini muncul dengan diawali dari fenomena yang terjadi, kemudian dilakukan sebuah pengamatan. Setelah itu, lahirlah sebuah saripala yang kemudian dimodifikasi dalam bentuk ilmu pengetahuan. Untuk mengetahui identitas makhluk hidup maka hasilnya adalah pengetahuan tentang khazanah makhluk hidup, seperti kehidupan flora dan fauna. Kegiatan untuk mengetahui satu kejadian seperti gempa bumi, banjir, tsunami, dan sebagainya, akan melahirkan nilai teori, seperti ilmu pengetahuan bumi, geografi, geofisika, ekologi, dan sebagainya.

b. Nilai Ekonomi
Kegiatan untuk menilai kegunaan benda-benda untuk memenuhi kebutuhan akan melahirkan nilai ekonomi. Nilai ekonomi berkaitan dengan ketersediaan, kecukupan sarana pemenuhan kebutuhan hidup, misalnya ketersediaan makanan, minuman, pakaian, rumah, sarana kesehatan, dan sarana pendidikan untuk memenuhi kebutuhan dasar (primer). Dalam hal ini, ketersediaan dan ketercukupan makanan, minuman, pakaian, rumah, sarana kesehatan, dan sarana pendidikan memiliki nilai ekonomi yang mendasar.

c. Nilai Religi
Ketika manusia ingin melihat wujud rahasia kehidupan dan alam semesta maka lahir nilai agama/nilai religi.

d. Nilai Estetis
Nilai estesis terbentuk bila manusia memahami yang indah melalui intuisi dan imajinasinya.
 
e. Nilai Sosial
Nilai sosial terbentuk bila orientasi (arah) penilaian tertuju pada
hubungan antarmanusia, yang menekankan pada segi-segi kemanusiaanyang luhur.

f. Nilai Politik
Apabila tujuan penilaian berpusat pada kekuasaan dan pengaruh yang terdapat dalam kehidupan masyarakat, akan terbentuk nilai politik. Jika ada orang memengaruhi orang lain untuk mendukung atau menolak keputusan pemerintah atau penguasa, ia telah menerapkan nilai politik yang diyakini atau dianutnya.
Sebutkan 6 macam klasifikasi nilai berdasarkan proses terbentuknya? 4.5 5 b Rabu, 03 Februari 2016 Berdasarkan proses terbentuknya, nilai dapat diklasifikasikan menjadi 6 macam. a. Nilai Teori Kegiatan untuk mengetahui identitas benda sert...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.