1. Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara, artinya .…
a. ditulis dalam lambang negara
b. dijadikan dasar mengatur negara
c. diajarkan pada pendidikan formal
d. ditulis di dalam dokumen negara
2. Pemberontakan G30S/ PKI pada hakikatnya bertujuan untuk ….
a. mengganti Pancasila dengan komunis
b. mengganti Presiden/Wakil Presiden
c. mencegah pemerintahan otoriter
d. mengganti kabinet
3. Bangsa Indonesia memilih Pancasila yang merupakan kepribadian bangsa dijadikan ideologi negara sebab .…
a. Pancasila sesuai dengan piagam PBB
b. Pancasila ideologi yang dikenal bangsa lain
c. negara lain mengagumi keampuhan Pancasila
d. mengambil ideologi lain sangat mahal dan hanya coba-coba
4. Pancasila sesuai dengan kodrat manusia karena mampu menjaga keserasian hubungan antara ....
a. manusia dengan Tuhan, dengan sesama dan dengan alam semesta
b. manusia yang satu dengan lainnya serta dengan Tuhan
c. bangsa yang satu dengan bangsa lainnya
d. pemerintah dengan tokoh masyarakat dan dengan rakyat
5. Nilai-nilai keadilan di dalam Pancasila memiliki makna .…
a. sama rata, sama rasa
b. yang lemah selalu ditolong
c. kekeluargaan dan gotong-royong
d. yang kuat memberi donor
7. Pancasila sila kesatu menuntun manusia untuk ….
a. mempelajari agama / kepercayaan orang lain
b. memperhatikan peribadatan orang lain
c. membantu tetangga yang kekurangan
d. percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
8. Batas-batas keterbukaan ideologi Pancasila antara lain ….
a. penciptaan norma yang harus melalui konsensus
b. pembentukan pemimpin harus melalui pemilihan
c. pengangkatan pejabat harus secara jujur dan terbuka
d. pengamalan Pancasila harus sesuai tuntunan
9. Sikap yang perlu kita kembangkan demi kelestarian ideologi Pancasila adalah….
a. membandingkan ideologi Pancasila dengan ideologi lain
b. menghayati, meyakini, dan mengamalkan Pancasila
c. mengambil inti sari dari nilai-nilai Pancasila
d. mengkaji nilai-nilai Pancasila melalui seminar
10. Setiap warga negara Indonesia wajib menjaga kemurnian Pancasila dengan tetap ....
a. memperhatikan adat-istiadat
b. menghargai kebudayaan daerah
c. terbuka terhadap nilai-nilai baru
d. menghormati ajaran agama
11. Contoh peran serta warga negara dalam mempertahankan Pancasila dalam lingkungan masyarakat yaitu ....
a mengembangkan sikap toleransi
b mengikuti kegiatan para pemuda
c menuruti permintaan tetangga
d suka mengalah dalam pergaulan
12. Setiap warga masyarakat wajib mengembangkan perilaku positif terhadap Pancasila berarti wajib ….
a. menghafal rumusan Pancasila
b. mempelajari makna Pancasila
c. mengamalkan Pancasila
d. menyebarluaskan Pancasila
13. Kewajiban seorang siswa terhadap Pancasila yaitu ....
a. mempelajari sejarah lahirnya Pancasila
b. mengenang para penggali nilai-nilai Pancasila
c. mempelajari, mengamalkan, dan mempertahankan Pancasila
d. mengkaji kebenaran Pancasila melalui diskusi kelompok
14. Perilaku positif terhadap Pancasila di dalam keluarga dapat ditunjukkan dengan sikap ….
a. saling mencintai sesama anggota keluarga
b. menyimpan buku-buku yang menjelaskan tentang Pancasila
c. menghormati anggota keluarga yang lebih tua
d. jarang bepergian agar bisa berkumpul dengan anggota keluarga
15. Para tokoh masyarakat yang berjiwa Pancasila , akan ….
a. menghormati warga masyarakat yang memiliki kelebihan
b. suka membantu tetangga yang pernah membantu
c. bersedia menghormati orang yang lebih tua
d. memandang bahwa seluruh anggota masyarakat memiliki derajat yang sama
B. Jawablah dengan singkat dan jelas pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Jelaskan kedudukan Pancasila menurut Ketetapan MPR No. XVIII/MPR/1998!
2. Sebutkan faktor-faktor yang melatarbelakangi Pancasila dijadikan ideologi negara!
3. Tunjukkan tiga contoh penjabaran nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung di dalam Pancasila!
4. Tunjukkan tiga contoh perilaku positif terhadap ideologi Pancasila di lingkungan sekolah!
5. Bagaimanakah sikapmu jika di sekolah ada kegiatan yang bertentangan dengan Pancasila?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar