1. Menurut kodratnya, manusia memiliki sifat sebagai . . . .
a. makhluk pribadi
b. makhluk sosial
c. makhluk bermasyarakat
d. makhluk pribadi dan sosial
2. Hak asasi adalah hak dasar atau hak pokok yang dimiliki manusia ataspemberian . . . .
a. teman
b. Tuhan
c. orang tua
d. Pemerintah
3. Pelaksanaan hak dan kewajiban dapat berjalan selaras, serasi dan seimbang apabila kita mampu . . . .
a. memilih mana yang menjadi haknya dan mana yang menjadi hak orang lain
b. mencari kewajiban-kewajiban yang dilaksanakan secara bersamasama
c. menuntut hak-hak yang harus kita terima
d. mengendalikan diri dengan mematuhi ajaran agama yang dipeluknya
4. Pengakuan hak asasi manusia secara meluas diakui dan dilaksanakanoleh bangsa-bangsa di dunia pada tanggal . . . .
a. 10 Desember 1948
b. 10 Desember 1949
c. 18 Agustus 1945
d. 30 September 1965
5. Kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa, terdapat dalam rumusanPembukaan UUD 1945 alinea . . . .
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
6. Hak untuk memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layakdiperuntukkan bagi . . . .
a. Tuhan
b. manusia
c. Pemerintah
d. hewan
7. Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan pengajaran yangtermasuk dalam hak asasi bidang . . . .
a. politik
b. ekonomi
c. hukum
d. sosial budaya
8. Kesadaran akan arti penting hak asasi manusia sedunia terangkum dalam
. . . .
a. Magna Charta
b. The Four Freedom of F.D. Roosevelt
c. The Universal Declaration of Human Rights
d. The Declaration of Independence of America
9. Bangsa Indonesia wajib memelihara perdamaian dunia karena . . . .
a. bangsa Indonesia tidak memiliki persenjataan lengkap
b. bangsa Indonesia merasa dirinya bagian dari masyarakat dunia dan diwajibkan untuk menjaga
perdamaian dunia
c. bangsa Indonesia belum siap untuk perang
d. bangsa Indonesia tidak suka akan peperangan
10. Hak untuk memilih dan dipilih dalam pelaksanaan Pemilu merupakan hak yang dimiliki manusia dalam bidang . . . .
a. politik
b. ekonomi
c. sosial budaya
d. hukum
11. Jika kalian menyaksikan siaran televisi dan mendengar berita atau membaca berita, tentang bencana alam yang terjadi di suatu daerah dan banyak menelan korban, maka kalian harus segera . . . .
a melaporkan kepada orang tua
b. mendiskusikan masalah bencana alam
c. mengumpulkan para tetangga
d. membantu para korban dan mengumpulkan dana untuk korban bencana alam
12. Perbuatan yang dapat dipandang merendahkan nilai kemanusiaan apabila seseorang. . . .
a. memperhatikan orang lain
b. menyinggung perasaan orang lain
c. memperdulikan orang lain
d. merugikan diri sendiri
13. Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh . . . .
a. pemerintah
b. orang berada
c. negara
d. pejabat tinggi negara
14. Manusia memiliki kedudukan yang paling tinggi diantara makhlukmakhluk lainnya. Hal ini membuktikan bahwa manusia memiliki . . . .
a. panca indera
b. tempat tinggal yang nyaman
c. akal pikiran dan budi pekerti
d. kekayaan yang melimpah
15. Di antara teman satu kelas, yang kamu anggap paling tinggi derajatnya adalah . . . .
a. siswa yang paling pandai
b. siswa yang paling rajin
c. tidak ada karena semua siswa sama
d. siswa yang paling kaya
16. Dalam perjalanan sejarah, kita mengenal istilah perbudakan yang terjadi di beberapa negara. Hal ini merupakan bukti . . . .
a. pelaksanaan hak-hak asasi manusia
b. perkosaan terhadap hak-hak asasi manusia
c. golongan kuat ingin menguasai golongan yang lemah
d. negara ingin menguasai dunia
17. Hak kebebasan memiliki sesuatu, hak membeli, hak menjual, hak mengadakan perjanjian atau kontrak merupakan hak asasi manusia dalam bidang . . . .
a. politik
b. ekonomi
c. sosial budaya
d. hankam
18. Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa lain, seperti Jepang, Belanda, Portugis, dan Inggris. Tindakan tersebut menunjukkan. . . .
a. menjunjung tinggi nilai-nilai dan martabat kemanusiaan
b. pelecehan hak asasi manusia
c. memberi kebebasan kepada negara-negara yang baru berkembang
d. menghormati semua warga negara Indonesia
19. Hak-hak asasi manusia yang diakui oleh bangsa-bangsa di seluruh dunia dimaksudkan untuk . . . .
a. menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan bagi negara-negara yang merdeka
b. menjunjung tinggi nilai-nilai dan martabat manusia
c. memberikan kebebasan kepada setiap manusia untuk dapat bertindak leluasa
d. menghormati semua warga negara Indonesia
20. Salah satu instrumen hak asasi manusia di Indonesia adalah . . . .
a. lembaga yang berwenang tentang HAM
b. harkat, martabat, dan derajat manusia
c. manusia yang pintar
d. bentuk negaranya
21. Setiap manusia mendambakan agar hak-haknya dihargai dan dihormati karena pada hakikatnya bahwa setiap manusia itu . . . .
a. sama harkat dan status sosialnya
b. sama harkat dan martabatnya
c. harkat dan derajatnya berbeda
d. harkat dan martabatnya berbeda
22. Salah satu contoh kasus pelanggaran hak asasi manusia adalah . . . .
a. menghilangkan nyawa orang lain
b. berdebat dengan orang lain
c. menolong sesama
d. mengharapkan bantuan orang lain
23. Dasar hukum pelaksanaan hak asasi manusia di Indonesia adalah . . . .
a. UU No. 2 Tahun 1998
b. UU No. 9 Tahun 1998
c. UU No. 39 Tahun 1999
d. UU No. 7 Tahun 1989
24. Pelaksanaan hak asasi manusia di Indonesia mulai diakui sejak . . . .
a. lahirnya Pancasila
b. lahirnya UUD 1945
c. penjajahan Jepang
d. penjajahan Belanda
25. Sikap yang harus dikembangkan terhadap sesama manusia tanpa membedakan suku, keturunan, agama atau kepercayaan serta warna kulitadalah . . . .
a. sikap taat, patuh dan setia kepada ajaran agama
b. sesuai dengan kodrat dan hak-hak asasi manusia
c. sikap saling mencintai terhadap sesama
d. sikap takwa dan taat kepada ajaran agama
26. Perbuatan melawan hukum, mengurangi, menghalangi, membatasi, dan atau mencabut hak asasi manusia setiap orang yang dijamin oleh undangundang disebut . . . .
a. penganiayaan/penyiksaan
b. kewajiban dasar manusia
c. diskriminasi
d. pelanggaran HAM
27. Lembaga mandiri yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya yang berfungsi melaksanakan pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan, dan mediasi hak asasi manusia adalah . . . .
a. Polisi
b. KPTPK (Komite Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi)
c. Pengadilan
d. Komnas HAM
28. Setiap bangsa mendambakan suatu perdamaian. Oleh karena itu, setiap bangsa harus bersikap . . . .
a. menghargai hak dan kewajiban setiap warganya
b. menghormati Perserikatan Bangsa-Bangsa
c. menghargai kemerdekaan bangsa lain
d. membantu negara yang lemah
29. Yang bukan merupakan contoh hak-hak warga negara Indonesia adalah
. . . .
a. memperoleh pekerjaan
b. beragama
c. menghargai kemerdekaan bangsa lain
d. membantu negara yang lemah
30. Hak asasi manusia merupakan hak yang paling kodrati yang dimiliki manusia. Namun, dalam pelaksanaannya tidak dilakukan secara mutlak, karena setiap hak yang kita miliki akan dibatasi oleh . . . .
a. pelanggaran hak asasi manusia
b. hak asasi orang lain
c. undang-undang yang berlaku di Indonesia
d. harkat, derajat, dan martabat orang lain
31. Salah satu upaya penegakan HAM di Indonesia adalah . . . .
a. terbentuknya Komnas HAM
b. penertiban pedagang kaki lima
c. adanya pengakuan terhadap hak-hak asasi manusia
d. penghormatan kepada jenis-jenis pahlawan
32. Dalam upaya penegakan pelaksanaan hak asasi manusia di Indonesia bukanlah hal yang mudah apabila hanya dilakukan oleh satu lembaga saja. Akan tetapi, memerlukan dukungan dari. . . .
a. lembaga aspirasi rakyat
b. lembaga pemerintahan
c. lembaga perwakilan rakyat
d. masyarakat dan pemerintah
33. Kerja sama yang dilakukan dalam upaya penegakan HAM dapat berupa
. . . .
a. hubungan perdagangan
b. tugas pendidikan dan penyuluhan program nasional HAM
c. pengkajian dan penerapan sumber daya manusia
d. hubungan politik
34. Lembaga yang menjadi tonggak awal perlindungan penegakan HAMmasyarakat Indonesia adalah . . . .
a. Polisi
b. Hakim
c. LSM
d. PBB
35. Kerja sama dalam upaya penegakan HAM di Indonesia bersama-sama dengan PBB,
melalui badan-badan PBB yang bergerak menanganipermasalahan perlindungan anak yaitu . . . .
a. WHO
b. ILO
c. FAO
d. UNICEP
36. Salah satu kawasan negara di dunia yang belum memiliki piagam hakasasi manusia adalah . . . .
a. Asia
b. Afrika
c. Amerika
d. Eropa
37. Pelaksanaan hak-hak asasi manusia dapat dimasyarakatkan menjadi bagian terpenting dalam kehidupan warga negara Indonesia dengan cara
. . . .
a. menutup diri terhadap perubahan hak-hak asasi manusia
b. mengadakan gerakan anti-HAM
c. membuka diri, menerima setiap perubahan yang ada dengan mengubah sikap mental yang negatif
menjadi lebih positif terhadap hak-hak asasi
d. selalu curiga dan khawatir terhadap gerakan-gerakan perlindungan dan penegakan HAM
38. Salah satu bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap hak asasi orang lain adalah . . . .
a. membantu anak-anak terlantar
b. membantu mendukung membiayai anak putus sekolah
c. tidak mengganggu kebebasan orang lain yang sedang beribadah
d. membantu seorang nenek yang akan menyeberang jalan
39. Partisipasi masyarakat baik orang per orang, kelompok atau organisasi politik atau organisasi masyarakat dalam perlindungan dan penegakan hak asasi manusia dalam bentuk . . . .
a. laporan, usulan perumusan kebijakan yang berkaitan dengan hak asasi manusia
lembaga-lembaga yang berwenang
b. pembatasan perlindungan dan penegakan HAM
c. melindungi perbuatan yang melanggar HAM
d. pembatasan penyebarluasan informasi hak asasi manusia
40. Laporan atas terjadinya pelanggaran hak asasi manusia dapat ditujukan kepada . . . .
a. Depdagri
b. Presiden
c. Polisi
d. DPA
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hak asasi manusia!
2. Sebutkan hak-hak setiap warga negara Indonesia!
3. Jelaskan peranan lembaga-lembaga HAM di Indonesia!
4. Sebutkan lembaga-lembaga yang berwenang yang menangani kasus tentang pelanggaran hak
asasi manusia di Indonesia!
5. Sebutkan dasar hukum pelaksanaan hak asasi manusia di Indonesia!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar